Seksi Pemerintahan

Berdasarkan Peraturan Bupati No. 104 Tahun 2017 tentang Uraian Tugas Kecamatan dan Kelurahan, Uraian tugas Seksi Pemerintahan adalah sebagai berikut :

  1. Menyiapkan bahan dan menyusun rencana kerja Pemerintahan;
  2. Merencanakan penyusunan program, kegiatan dan anggaran Seksi Pemerintahan;
  3. Melaksanakan kegiatan administrasi pemerintahan desa/kelurahan (data aparat desa/kelurahan, tunjangan pambakal/aparat desa, inventaris kekayaan desa, buku induk penduduk, buku tanah didesa, Peraturan Desa, rekapitulasi penduduk akhir bulan dan lain-lain);
  4. Melaksanakan inventarisasi dan mengolah data yang berkaitan dengan pemerintahan;
  5. Menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Pambakal/Lurah, Instansi Vertikal dan Unit Kerja tingkat Kecamatan;
  6. Mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan pemilihan Pambakal;
  7. Melaksanakan bimbingan pembuatan Peraturan Desa dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (apbdes);
  8. Melaksanakan pemantauan dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum di wilayah kerjanya;
  9. Menyusun program dan penyelenggaraan administrasi kependudukan dan catatan sipil antara lain pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, laporan perkembangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan laporan kependudukan;
  10. Membantu pembinaan dan penyelesaian masalah pemerintahan desa/kelurahan termasuk permasalahan batas desa/kelurahan dan sengketa tanah;
  11. Melaksanakan tugas-tugas bidang keagrariaan dan layanan registrasi Surat Keterangan Tanah;
  12. Melaksanakan fasilitasi pembinaan organisasi sosial kemasyarakatan dan lembaga kemasyarakatan lainnya;
  13. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan terkait Pemerintahan; dan
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan.