Seksi Kesejahteraan Sosial

Berdasarkan Peraturan Bupati No. 104 Tahun 2017 tentang Uraian Tugas Kecamatan dan Kelurahan, Uraian Tugas Seksi Kesejahteraan Sosial adalah sebagai berikut :

  1. Menyiapkan bahan dan menyusun rencana kerja Seksi Kesejahteraan Sosial;
  2. Merencanakan penyusunan program, kegiatan dan anggaran Seksi Kesejahteraan Sosial;
  3. Melaksanakan inventarisasi dan identifikasi permasalahan yang berhubungan dengan kesejahteraan sosial masyarakat;
  4. Melaksanakan inventarisasi dan pengolahan data tentang organisasi sosial masyarakat, organisasi Karang Taruna, keluarga Pahlawan, perintis kemerdekaan dan veteran;
  5. Melaksanakan inventarisasi dan pengolahan data tentang keluarga fakir miskin, penyandang cacat, tuna susila, tuna karya, tuna wisma, eks narapidana, anak nakal/korban narkoba, anak terlantar, korban bencana dan panti asuhan;
  6. Melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang sosial;
  7. Melaksanakan fasilitasi pembinaan sosial budaya masyarakat;
  8. Melaksanakan fasilitasi pelaksanaan usaha rehabilitasi penyandang cacat, tuna susila, tuna karya, tuna wisma, eks narapidana, anak nakal/korban narkoba, dan anak terlantar;
  9. Melaksanakan fasilitasi kelancaran pemberian/penyaluran dan sumbangan sosial lainnya kepada fakir miskin, penyandang cacat, dan korban bencana alam;
  10. Melaksanakan fasilitasi penyelenggaraan inventarisasi dan pemeliharaan makam pahlawan/makam perintis kemerdekaan yang ada di wilayah kerja Kecamatan;
  11. Membuat laporan tentang kejadian bencana alam untuk disampaikan ke instansi terkait;
  12. Melaksanakan inventarisasi dan pengolahan data yang terkait dengan keagamaan yang ada di wilayah Kerja Kecamatan seperti:
    1. Jumlah tempat ibadah;
    2. Jumlah organisasi keagamaan;
    3. Jumlah pemeluk agama;
    4. Jumlah pekuburan (makam) termasuk makam pahlawan;
    5. Jumlah sarana pendidikan agama termasuk Pesantren dan Taman Pendidikan Alqur’an (TPA); dan
    6. Jumlah guru agama.
  13. Melaksanakan komunikasi dan konsultasi serta menyiapkan bahan koordinasi dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan pembinaan kegiatan keagamaan seperti:
    1. Kegiatan Lembaga Penyelenggaraan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan;
    2. Kegiatan Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan dan Unit Pengumpul Zakat; dan/atau
    3. Kegiatan Majelis Ta’lim dan Taman Pendidikan Alqur’an.
  14. Melaksanakan fasilitasi kegiatan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan kegiatan Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan;
  15. Melaksanakan pelayanan pelegalisasian salinan (copy) Surat Keterangan Nikah dan rekomendasi pengangkatan Pembantu Pegawai Pencatatan Nikah;
  16. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan terkait Kesejahteraan Sosial; dan
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan.