Panen Kedelai Petani Desa Sungai Jati Kec Astambul Melimpah

Pada tahun 2015 lalu Kabupaten Banjar berhasil meningkatkan hasil produksi kedelai, itu merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Diharapkan dengan kegiatan pendukung dari Dinas TPH Kab Banjar akan membuat produksi Kedelai di kalsel khususnya Kabupaten Banjar bisa meningkat kembali. Salah satunya Petani di Kec Mataraman di Kelompok Tani Ketutu desa Sungai Jati kedelai yang mereka tanam tumbuh subur.

Kualitas hasil kedelai yang sudah mereka tanam sudah layak menjadi bibit benih unggul karena kriteria sudah memenuhi standar dari BPSB Prov Kalsel dan hasil panen sudah mencapapai 1 ton/hektare, rencananya kedelai dari Kelompok Tani Ketutu ini akan menjadi pendukung untuk memenuhi kebutuhan bibit kedelai petani kecamatan Astambul.

Kepada Dinas TPH Kab Banjar Ir. H. M. Fachry, MP mengakatakan tanpa pengolahan tanah yang bagus dan pemumupakan yang seimbang hasil kedelai petani di Kec Astambul Desa Sungai Jati tidak akan melimpah seperti ini, diharapkan KelompomTani Ketutut ini akan menjadi contoh dan memberi energi positif kepada para petani kedelai di kecamatan lainnya. Dia pun menambahkan jika pengolahan tanah dan pemupukan lebih disempurnakan hasil kedelai tersebut bisa melebihi target antara 1,2 ton/hektare.

You might also like More from author